PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
Nama : SMA 2 Bae Kudus
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas : X
Semester : 1 (Gasal)
A. Banyaknya minggu dalam semester
Nama Bulan | Banyaknya Minggu |
Juli | 4 Minggu |
Agustus | 4 Minggu |
September | 5 Minggu |
Oktober | 4 Minggu |
November | 4 Minggu |
Desember | 5 Minggu |
Jumlah | 26 Minggu |
B. Banyaknya minggu tidak efektif untuk KBM
Kegiatan | Banyaknya Minggu |
Awal masuk | 2 Minggu |
Awal puasa | 1 Minggu |
Akhir puasa | 2 Minggu |
Ulangan harian | 1 Minggu |
Ulangan Mid semester | 1 Minggu |
Ulangan Semester dan Remedial | 2 Minggu |
Cadangan | 1 Minggu |
Libur Akhir semester | 2 Minggu |
Jumlah | 12 Minggu |
C. Banyaknya Minggu Efektif
Banyaknya minggu dalam semester 26 Minggu
Banyaknya minggu tidak efektif untuk KBM 12 Minggu
Banyaknya minggu efektif 14 Minggu
Banyaknya jam pelajaran per minggu 2 Jam Pelajaran
Banyaknya jam efektif 28 Jam Pelajaran
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat 1.1 Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan 1.2 Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat 1.3 Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial | 10 Jam Pelajaran 8 Jam Pelajaran 10 Jam Pelajaran |
Jumlah | 38 Jam Pelajaran |
Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. Sugino Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002 NIP. 19860910 200903 2 010
PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah : SMA 2 Bae Kudus
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas : X
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Semester | Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu |
1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat 1.1 Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan 1.2 Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat 1.3 Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial Ulangan Harian Ulangan tengah Semester Ulangan Akhir Semester Remedial | 10 JP 8 JP 10 JP 6 JP 2 JP 2 JP 2 JP | |
Jumlah | 40 JP | |
2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian 2.1 Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian 2.2 Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial. 2.3 Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat Ulangan Harian Ulangan tengah Semester Ulangan Akhir Semester Remedial | 12 JP 12 JP 12 JP 6 JP 2 JP 2 JP 2 JP | |
Jumlah | 48 JP | |
Jumlah Total |
Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. Sugino Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002 NIP. 19860910 200903 2 010
PEMETAAN STANDAR ISI
MATA PELAJARAN : SOSIOLOGI
KELAS/SEMESTER : X/I
SK | KD | THP | INDIKATOR | THP | MATERI POKOK | RUANG LINGKUP | ALOKASI WAKTU |
Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat | 1.1 Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan 1.2 Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat 1.3 Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial | C-1 C-2 C-4 C-2 | - Menjelaskan hakekat sosiologi - Mengidentifikasi sosiologi sebagai ilmu pengetahuan - Menjelaskan kegunaan sosiologi dalam masyarakat - Mendeskripsikan dan memahami realitas sosial - Menjelaskan nilai sosial - Mengidentifikasi norma sosial - Mengidentifikasi hakikat interaksi social - Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong interaksi social - Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial | Sosiologi sebagai ilmu Nilai dan Norma Sosial Interaksi Sosial | Proses sosial Struktur Sosial dan Lembaga Sosial Proses Sosial | 450 menit 360 menit 450 menit |
DESAIN PEMBELAJARAN/IDENTIFIKASI SK/KD
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : X/I
Tahun Pelajaran : 2010/1011
SK | Kompetensi Dasar | Sinkro nisasi Antar SK/KD | Sinkro nikasi antar mapel | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | ||
Tatap Muka | Tugas terstruktur | Kegiatan Mandiri | |||||
Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat | Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan | - Menjelaskan hakekat sosiologi - Mengidentifikasi sosiologi sebagai ilmu pengetahuan - Menjelaskan kegunaan sosiologi dalam masyarakat - Mendeskripsikan dan memahami realitas sosial | Guru menjelaskan definisi sosiologi dan obyek sosiologi Guru menjelaskan ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu penngetahuan Menjelaskan sejarah perkembangan sosiologi di Eropa dan Indonesia dengan memberikan contoh-contoh gambar revolusi Industri di Perancis dan Inggris Guru menjelaskan garis besar keterkaitan ilmu sosiologi dengan ilmu-ilmu sosial lainnya Guru menjelaskan kegunaan sosiologi dalam pembangunan dan penelitian Guru menjelaskan definisi tentang realitas social dan batasan batasan masalah sosial | Mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS) halaman 23-24 | Secara kelompok (1 kelompok 4 orang) mencari artikel dalam Koran tentang masalah-masalah sosial yang terdapat di Indonesia | ||
Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat | Pendidikan kewarganegaraan | - Menjelaskan nilai sosial - Mengidentifikasi norma sosial | Guru memberi contoh tentang nilai sosial yang ada dalam masyarakat Guru memberi contoh tentang norma sosial yang ada dalam masyarakat Guru menyebutkan dan menjelaskan macam-macam norma seperti norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, norma kebiasaan, norma hokum Guru menjelaskan tingkatan norrma seperti cara (usage), kebiasaan (folkways), tata kelakuan (mores). | Mengerjakan latihan dalam buku Erlangga halaman 67 Secara kelompok (1 kelompok 5 orang) mengerjakan LKS halaman 38 (Observasi dalam kelas) | Setiap individu mencari norma beserta sanksinya yang ada dalam lingkungan masyarakatnya | ||
Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial | - Mengidentifikasi hakikat interaksi sosial - Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong interaksi sosial - Mengidentifikasi status, peranan dalam interaksi sosial - Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial | Guru memberikan penjelasan tentang pengertian interaksi sosial. Guru menjelaskan pengertian kontak dan komunikasi sebagai syarat terjadinya interaksi sosial Menjelaskan faktor-faktor prndorong interaksi sosial (imitasi, sugesti, identifikasi, simpati dan empati) Guru memberikan contoh tentang status dan peranan dalam sebuah masyarakat Guru mendefinisikan pengertian status dan peranan Guru menjelaskan bentuk-bentuk interaksi asosiatif (kerjasama, akomodasi, asimilasi, akulturasi) Guru menayangkan sebuah video tentang tarian pagelaran wayang kulit | Secara individu mengerjakan latihan LKS halaman 32 Mengerjakan soal latihan pada Lembar Kegiatan Siswa (LKS) halaman 58-59. | Secara kelompok ( 1 kelompok 5 orang) untuk menganalisa tentang salah satu contoh artikel yang memuat faktor-faktor pendorong interakasi sosial (imitasi, sugesti, identifikasi, simpati maupun empati |
SILABUS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : X/I
Tahun Pelajaran : 2010/1011
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Sinkronisasi Antar SK/KD | Sinkronisasi antar mapel | Indikator pencapaian | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber/bahan/alat |
Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial | Sosiologi sebagai ilmu Nilai dan Norma Sosial Interaksi Sosial | Menjelaskan pengertian sosiologi dari beberapa tokoh dan menuntun siswa menyebutkan beberapa contoh obyek-obyek sosiologi yang terjadi di lingkungan desanya Menjelaskan ciri-ciri sosiologi dan sejarah perkembangan sosiologi Secara kelompok (dalam satu meja) siswa menyebutkan kelebihan dan kekurangan metode kualitatif dan kuantitatif Berdiskusi secara individual tentang perbedaan dan persamaan kajian antara sosiologi dengan antropologi sosial. Secara kelompok berdiskusi mengenai masalah-masalah sosial yang sedang dihadapi negara Indonesia Menuntun siswa menyebutkan contoh-contoh masalah sosial yang ada di Indonesia dan memberi tugas mengerjakan studi kasus pada buku Erlangga halaman 43 Diskusi interaktif secara individual menyebutkan contoh-contoh nilai-nilai sosial yang ada dalam masyarakatnya Menjelaskan jenis-jenis nilai-nilai sosial (nilai material, nilai vital, dan kerohanian) menurut Prof. Dr. Notonegoro dan menuntun siswa menyebutkan contoh-contohnya, Diskusi interaktif secara individual menyebutkan contoh-contoh norma-norma sosiaal baik nilai formal maupun non formal yang ada dalam masyarakatnya Guru menjelaskan tingkatan norrma seperti cara (usage), kebiasaan (folkways dan secara individual siswa memberikan perbedaan diantara norma-norma tersebut beserta contohnya Secara kelompok (1 kelompok 5 orang) untuk mencari artikel tentang interaksi baik antar individu maupun antar kelompok diperpustakaan dan menentukan unsur-unsur pokok dalam interaksi/komunikasi dalam artikel tersebut seperti komunikator, komunikan, pesan, media maupun efek yang dihasilkan Secara individual berdiskusi mengenai studi kasus tentang fenomena dukun cilik Ponari yang diambil dari artikel yang ada di surat kabar untuk menentukan kasus tersebut termasuk dalam kategori imitasi, sugesti, identifikasi, simpati atau empati beserta alasannya Secara kelompok mencari artikel di perpustakaan tentang hubungan antara status yang diperoleh (missal presiden atau anggota DPR) dengan peranan yang dijalankan dan menganalisa apakah peranan yang dijalankan sudah sesuai dengan status yang dimilikinya Menayangkan sebuah video tentang tarian pagelaran wayang kulit dan siswa memberikan kesimpulan dari video tersebut masuk dalam kategori mana (kerjasama, akomodasi, asimilasi ataukah akulturasi) beserta alasannya. Berdiskusi dengan menyebutkan beberapa konflik yang terjadi di Indonesia dan menjelaskan faktor-faktor penyebabnya | Pendidikan kewarganegaraan | - Menjelaskan hakekat sosiologi - Mengidentifikasi sosiologi sebagai ilmu pengetahuan - Menjelaskan kegunaan sosiologi dalam masyarakat - Mendeskripsikan dan memahami realitas social - Menjelaskan nilai sosial - Mengidentifikasi norma social - Mengidentifikasi hakikat interaksi sosial - Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong interaksi sosial - Mengidentifikasi status, peranan dalam interaksi sosial - Mengidentifikasi bentuk-bentuk - interaksi social | Jenis Tagihan - Tugas individu - Tugas kelompok - Ulangan harian Bentuk Tagihan - Laporan tertulis - Uraian Jenis Tagihan - Tugas individu - Tugas kelompok - Ulangan harian Bentuk Tagihan - Laporan tertulis - Uraian Jenis Tagihan - Tugas individu - Tugas kelompok - Ulangan harian Bentuk Tagihan - Laporan tertulis - Uraian | 450 menit 360 menit 450 menit | Buku Sosiologi XI Erlangga Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto Lembar Kerja Siswa (LKS) Media Massa seperti majalah, Koran, dan literature lainnya yang relevan Kehidupan dalam masyarakat LCD Buku Sosiologi XI Erlangga Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto Lembar Kerja Siswa (LKS) Media Massa seperti majalah, Koran, dan literature lainnya yang relevan Kehidupan dalam masyarakat LCD Buku Sosiologi XI Erlangga Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto Lembar Kerja Siswa (LKS) Media Massa seperti majalah, Koran, dan literature lainnya yang relevan Kehidupan dalam masyarakat LCD |
PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah : SMA 2 Bae Kudus
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : X
Semester : 1 (Gasal)
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | Juli Agustus September Oktober Nopember Desember | ||||||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | |||
1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat | 1.1 Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan | 10 | Libur Akhir Smt 2 | X | X | X | X | Ulangan Harian | X | X | Libur puasa | Libur puasa | X | Ulangan Harian | Ulangan Mid Semester U | X | X | X | X | Ulangan Harian | Cadangan | Ulangan Semester 1 | Remidi | Libur Akhir Smt 1 | |||
1.2 Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat | 8 | ||||||||||||||||||||||||||
1.3 Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial | 10 | ||||||||||||||||||||||||||
Jumlah | 28 |
Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. Sugino Maharromiyati, S. P
NIP. 19630717 198601 1 002 NIP. 19860910 200903 2 010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
A. Identitas
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1 pertemuan )
Standar Kompetensi : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar : Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
Indikator : Menjelaskan hakekat sosiologi
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan definisi sosiologi
2. Siswa dapat menjelaskan obyek sosiologi
C. Materi Pembelajaran
Sosiologi sebagai Ilmu
D. Metode Pembelajaran
- Eksplorasi
- Tanya jawab/diskusi
- Ceramah
E. Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal 15 menit
- Guru mempersiapkan kelas, mengucapkan selamat atas keberhasilannya masuk di R SMA BI 1 Bae.
- Guru memperkenalkan diri
- Guru menjelaskan tujuan mempelajari Sosiologi sebagai Ilmu
- Kegiatan Inti 60 menit
a. Eksplorasi
- Menjelaskan pengertian sosiologi dari beberapa tokoh
- Menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan definisi sosiologi
b. Elaborasi
- Siswa disuruh membaca obyek/pokok bahasan sosiologi yang ada dalam buku
- Siswa menyebutkan beberapa contoh obyek-obyek sosiologi yang terjadi di lingkungan desanya
c. Konfirmasi
- Memberi motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
- Kegiatan Penutup 15 menit
- Guru memberi soal (post-test) untuk dikerjakan secara individu (
F. Sumber Belajar
1. Buku Sosiologi XI Erlangga
2. Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3. LKS
4. Kehidupan dalam masyarakat
G. Penilaian
1. Partisipasi siswa selama pembelajaraan
2. Ketepatan dalam penguasaan materi
3. Hasil tugas mandiri (individu)
Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. Sugino Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002 NIP. 19860910 200903 2 010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
A. Identitas
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan : 2 dan 3
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 2 pertemuan )
Standar Kompetensi : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar : Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
Indikator : Mengidentifikasi sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat meyebutkan cirri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
2. Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan metode-metode sosiologi
3. Siswa dapat menjelaskan perkembangan sosiologi di Eropa
4. Siswa dapat menjelaskan perkembangan sosiologi di Indonesia
C. Materi Pembelajaran
Sosiologi sebagai ilmu
D. Metode Pembelajaran
- Eksplorasi
- Tanya jawab
- Tugas terstruktur
- Diskusi
- Kerja mandiri
E. Kegiatan Pembelajaran
Peretemuan I
- Kegiatan Awal 10 menit
- Guru mengucapkan salam dan mengabsen siswa
- Guru mengulang sedikit materi yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
- Kegiatan Inti 70 menit
Eksplorasi
- Guru menjelaskan ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu penngetahuan
- Menjelaskan sejarah perkembangan sosiologi di Eropa dan Indonesia dengan memberikan contoh-contoh gambar revolusi Industri di Perancis dan Inggris lewat LCD
Elaborasi
- Memberi waktu kepada siswa untuk membaca metode-metode sosiologi dalam buku dan LKS,
- Kemudian secara kelompok ( dalam satu meja) siswa menyebutkan kelebihan dan kekurangan metode kualitatif dan kuantitatif
- Memberi beberapa contoh hasil penelitian sosiologi, dan memberikan kesempaatan kepada siswa unntuk menentukan apakah masuk dalam kategori kualitatif atau kuantitatif, beserta alasannya.
Konfirmasi
- Guru membantu meluruskan pendapat dari siswa
- Memberi motivasi kepada siswa yang belum berpartisipasi secara aktif
- Kegiatan Penutup 10 menit
- Memberi post tes berupa materi yang baru dibahas
Peretemuan II
- Kegiatan Awal 10 menit
- Guru memberi salam dan mengabsen siswa
- Guru memberikan pretest dari materi yang diajarkan kemarin
- Kegiatan Inti 70 menit
Eksplorasi
- Guru menjelaskan garis besar keterkaitan ilmu sosiologi dengan ilmu-ilmu sosial lainnya
- Siswa memperdalam batasan-batasan terhadap obyek masyarakat yang dipelajari oleh ilmu sosiologi dengan ilmu-ilmu sosial lainnya seperti sejarah, politik, ekonomi, maupun antropologi
Elaborasi
- Berdiskusi secara individual tentang perbedaan dan persamaan kajian antara sosiologi dengan antropologi sosial.
Konfirmasi
- Memberikan penguatan secara lisan terhadap siswa yang memberikan argumen secara benar
- Memberikan motivasi bagi siswa yang belum berpartisipasi secara aktif.
- Kegiatan Penutup 10 menit
- Memberi tugas pada siswa untuk mengerjakan soal latihan pada Lembar Kegiatan Siswa (LKS) halaman 23-24.
F. Sumber Belajar
1. Buku Sosiologi XI Erlangga
2. Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3. LKS
4. Kehidupan dalam masyarakat
G. Penilaian
1. Partisipasi siswa selama pembelajaraan
2. Ketepatan dalam penguasaan materi
3. Hasil tugas terstruktur (individu) LKS halaman 23-24
Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. Sugino Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002 NIP. 19860910 200903 2 010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
A. Identitas
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan : 4
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1 pertemuan )
Standar Kompetensi : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar : Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
Indikator : Menjelaskan kegunaan sosiologi dalam masyarakat
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan kegunaan sosiologi dalam masyarakat
2. Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan peran sosiolog dalam masyarakat
C. Materi Pembelajaran
Sosiologi sebagai Ilmu
D. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Eksplorasi
- Tanya jawab
- Diskusi
- Kerja mandiri
E. Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal 10 menit
- Guru memberi salam
- Guru menanyakan tugas yang diberikan kemarin untuk di kumpulkan
- Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran pada pertemuan ini
- Kegiatan Inti 70 menit
Eksplorasi
- Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok (1 kelompok 4 siswa).
- Guru menjelaskan kegunaan sosiologi dalam pembangunan dan penelitian
- Guru menayangkan sebuah video acara diskusi dari seorang sosiolog Indonesia (Iman Prasojo) yang membahas tentang masalah-masalah sosial yang sedang dihadapi negara Indonesia lewat LCD
Elaborasi
- Setiap kelompok memberikan kesimpulan dari video tersebut tentang peran seorang sosiolog dan dikumpulkan
Konfirmasi
- Salah satu kelompok memaparkan kesimpulannya di depan kelas
- Kegiatan Penutup 10 menit
- Membantu meluruskan hasil kesimpulan siswa
F. Sumber Belajar
1. Buku Sosiologi XI Erlangga
2. Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3. Kehidupan dalam masyarakat
4. Media cetak
5. LKS
G. Penilaian
1. Partisipasi siswa selama pembelajaraan
2. Hasil tugas mandiri (kelompok, 1 kelompok 4 orang)
- Mencari artikel dalam koran tentang masalah-masalah sosial yang terdapat di Indonesia
Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. Sugino Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002 NIP. 19860910 200903 2 010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
A. Identitas
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas/Semester : XI / I
Pertemuan : 5
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1 pertemuan )
Standar Kompetensi : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar : Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
Indikator : Mendeskripsikan dan memahami realitas sosial
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian realitas sosial
2 Siswa dapat menjelaskan batasan-batasan masalah sosial
3. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh masalah sosial
C. Materi Pembelajaran
Sosiologi sebagai ilmu
D. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Eksplorasi
- Tanya jawab
- Diskusi
- Kerja mandiri
E. Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal 10 menit
- Guru memberi beberapa pertanyaan tentang kegunaan sosiologi dalam pembangunan
- Kegiatan Inti 70 menit
Eksplorasi
- Guru menjelaskan definisi tentang realitas sosial
- Menuntun siswa menyebutkan contoh-contoh masalah sosial yang ada di Indonesia
Elaborasi
- Siswa diberi tugas mengerjakan studi kasus pada buku Erlangga halaman 43
- Memberi kesempatan kepada siswa untuk tampil di depan kelas, membacakan dan menjelaskan hasil dari pekerjaannya
Konfirmasi
- Guru memberikan apresiasi dan masukan kepada siswa yang tampil di depan.
- Kegiatan Penutup 10 menit
- Guru memberikan kesimpulan dari materi yang diajarkan
- Guru menyuruh siswa mempelajari keseluruhan bab I untuk ulangan harian pada pertemuan berikutnya
F. Sumber Belajar
a. Buku Sosiologi XI Erlangga
b. Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
c. Lembar Kerja Siswa (LKS)
d. Kehidupan dalam masyarakat
e. Media cetak
G. Penilaian
1. Hasil Ulangan Harian (soal terlampir)
Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. Sugino Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002 NIP. 19860910 200903 2 010
SOAL ULANGAN HARIAN 1 KELAS X
KD 1 – SEMESTER GASAL
1. Mengapa filosof Perancis Auguste Comte disebut sebagai bapak Sosiologi? Jelaskan1
2. Sebutkan cirri-ciri ilmu sosiologi! Jelaskan!
3. Apa yang dimaksud dengan “ilmu sosiologi bersifat kategoris bukan normatif”?
4. Sebutkan perbedaan antara metode kualitatif dan kuantitatif!
5. Apakah kegunaan sosiologi dalam perencanaan pembangunan?
6. Apakah perbedaan sosiologi dengan psikologi? Jelaskan!
7. Apa yang dimaksud dengan relitas sosial?
8. Sebutkan dan jelaskan tahap-tahap realitas sosial menurut Emile Durkheim!
9. Apakah perbedaan keluarga luas dengan keluarga inti? Berilah contohnya!
10. Sebutkan 5 contoh fenomena sosial yang menjadi masalah sosial di Indonesia!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
A. Identitas
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas/Semester : XI / I
Pertemuan : 6 dan 7
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 2 pertemuan )
Standar Kompetensi : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Indikator : Menjelaskan nilai sosial
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian nilai sosial
2. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh nilai sosial
C. Materi Pembelajaran
Nillai dan Norma Sosial
D. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Eksplorasi
- Tanya jawab
- Diskusi
- Kerja mandiri
E. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
- Kegiatan Awal 10 menit
- Guru memberi salam
- Guru menjelaskan Kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran pada bab ini (nilai dan Norma Sosial)
- Kegiatan Inti
Eksplorasi 70 menit
- Guru memberi contoh tentang nilai sosial yang ada dalam masyarakat
- Dari contoh tersebut, siswa menyimpulkan pengertian nilai sosial
Elaborasi
- Diskusi interaktif secara individual menyebutkan contoh-contoh nilai-nilai sosial yang ada dalam masyarakatnya
Konfirmasi
- Guru meluruskan jawaban-jawaban siswa yang kurang tepat
- Guru memberi motivasi bagi siswa yang kurang terlibat dalam diskusi
· Penutup 10 menit
- Menyuruh siswa untuk mempelajari cirri-ciri dan fungsi nilai sosial untuk persiapan pada proses pembelajaran berikutnya
Pertemuan II
- Kegiatan Awal 10 menit
- Guru memberikan beberapa pertanyaan tentang cirri-ciri dan fungsi nilai sosial
- Kegiatan Inti 70 menit
Eksplorasi
- Guru menjelaskan jenis-jenis nilai-nilai sosial (nilai material, nilai vital, dan kerohanian) menurut Prof. Dr. Notonegoro
- Menuntun siswa menyebutkan contoh-contoh nilai material, nilai vital dan nilai kerohanian
Elaborasi
- Siswa mengerjakan soal dalam buku Erlangga halaman 67
- Guru berkeliling kelas mengamati siswa dan membantu siswa yang mengalami kesulitan
Konfirmasi
- Menyuruh beberapa siswa membacakan hasil jawabannya
· Penutup
- Guru meluruskan jawaban-jawaban siswa yang kurang tepat.
F. Sumber Belajar
1. Buku Sosiologi XI KBK Tim Yudistira
2. Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3. Kehidupan dalam masyarakat
4. Media cetak dan media elektronik (LCD)
G. Penilaian
1. Partisipasi siswa selama pembelajaraan
2. Ketepatan dalam penguasaan materi
3. Hasil tugas terstruktur buku Erlangga halaman 67
Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. Sugino Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002 NIP. 19860910 200903 2 010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
A. Identitas
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas/Semester : XI / I
Pertemuan : 8 dan 9
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 2 pertemuan )
Standar Kompetensi : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Indikator : Mengidentifikasi norma sosial
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian dan fungsi norma sosial
2. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh norma sosial
3. Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan tingkatan norma sosial
4. Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis norma sosial
C. Materi Pembelajaran
Nillai dan Norma Sosial
D. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Eksplorasi
- Tanya jawab
- Diskusi
- Kerja mandiri
E. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
- Kegiatan Awal 10 menit
- Guru memberi salam
- Guru menjelaskan sebentar garis besar materi nilai sosial
- Kegiatan Inti 70 menit
Eksplorasi
- Guru memberi contoh tentang norma sosial yang ada dalam masyarakat
- Dari contoh tersebut, siswa menyimpulkan pengertian norma sosial
- Dari contoh yang diberikan, guru menuntun siswa untuk menjelaskan fungsi nilai
Elaborasi
- Diskusi interaktif secara individual menyebutkan contoh-contoh norma-norma sosiaal baik nilai formal maupun non formal yang ada dalam masyarakatnya
Konfirmasi
- Guru meluruskan jawaban-jawaban siswa yang kurang tepat
- Guru memberi motivasi bagi siswa yang kurang terlibat dalam diskusi
· Penutup
- Menyuruh siswa untuk mempelajari cirri-ciri dan fungsi nilai sosial untuk persiapan pada proses pembelajaran berikutnya
Pertemuan II
- Kegiatan Awal 10 menit
- Guru memberikan beberapa pertanyaan tentang pengertian dan fungsi norma sosial
- Kegiatan Inti
Eksplorasi 70 menit
- Guru menjelaskan tingkatan norrma seperti cara (usage), kebiasaan (folkways), tata kelakuan (mores).
- Dari penjelasan tersebut, siswa memberi contoh dari usage, folkways dan mores
- Guru menyebutkan dan menjelaskan macam-macam norma seperti norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, norma kebiasaan, norma hukum
- Siswa memberikan perbedaan diantara norma-norma tersebut beserta contohnya
Elaborasi
- Siswa mengerjakan soal dalam buku Erlangga halaman 77
- Guru berkeliling kelas mengamati siswa dan membantu siswa yang mengalami kesulitan
Konfirmasi
- Menyuruh beberapa siswa membacakan hasil jawabannya
· Penutup
- Guru meluruskan jawaban-jawaban siswa yang kurang tepat.
- Menyuruh siswa mempelejari materi bab II (nilai dan norma sosial) untuk persiapan ulangan harian pada pertemuan berikutnya
F. Sumber Belajar
1. Buku Sosiologi XI KBK Tim Yudistira
2. Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3. LKS
4. Kehidupan dalam masyarakat
5.Media cetak dan media elektronik (LCD)
G. Penilaian
1. Partisipasi siswa selama pembelajaraan
2. Ketepatan dalam penguasaan materi
3. Hasil tugas terstruktur (kelompok, 1 kelompok 5 orang)
- Mengerjakan LKS halaman 38 (Observasi dalam kelas)
4. Hasil tugas mandiri (individu)
- Setiap individu mencari norma beserta sanksinya yang ada dalam lingkungan masyarakatnya
5. Hail Ulangan Harian (terlampir)
Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. Sugino Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002 NIP. 19860910 200903 2 010
ULANGAN HARIAN 2 KELAS X
KD 2 – SEMESTER GASAL
1. Apa yang dimaksud dengan nilai sosial?
2. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis nilai sosial menurut Prof. Notonegoro! Berilah masing-masing contohnya!
3. Apa yang dimaksud dengan nilai dominant? Berilah contohnya!
4. Sebutkan dan jelaskan suber-sumber nilai sosial!
5. Sebutkan 5 fungsi nilai dalam interaksi sosial!
6. Apa yang dimaksud dengan norma sosial?
7. Sebutkan dan jelaskan fungsi norma sosial!
8. Apa yang dimaksud dengan norma kesusilaan? Berilah contohnya!
9. Sebutkan dan jelaskan macam-macam norma sosial!
10. Jelaskan hubungan antara interaksi sosial dengan norma sosial!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
A. Identitas
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas/Semester : XI / I
Pertemuan : 10
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1 pertemuan )
Standar Kompetensi : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
Indikator : Mengidentifikasi hakikat interaksi sosial
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian interaksi sosial
2. Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan syarat terjadinya interaksi sosial
C. Materi Pembelajaran
Interaksi Sosial
D. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Eksplorasi
- Tanya jawab
- Diskusi
- Kerja mandiri
E. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
- Kegiatan Awal 15 menit
- Guru memberi salam
- Guru membacakan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran pada bab III ini
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Guru memberikan penjelasan tentang pengertian interaksi sosial.
- Guru menjelaskan pengertian kontak dan komunikasi sebagai syarat terjadinya interaksi sosial
- Siswa menyebutkan contoh-contoh sebuah kontak, kontak tanpa terjadinya komunikasi maupun kontak dengan menghasilkan komunikasi
Elaborasi
- Memberi tugas kepada siswa secara kelompok (1 kelompok 5 orang) untuk mencari artikel tentang interaksi baik antar individu maupun antar kelompok diperpustakaan
- Setiap kelompok menentukan unsur-unsur pokok dalam interaksi/komunikasi dalam artikel tersebut seperti komunikator, komunikan, pesan, media maupun efek yang dihasilkan
Konfirmasi
- Guru membacakan hasil tugas salah satu kelompok yang memberikan jawaban yang paling sesuai dengan artikel
· Penutup
- Menyuruh siswa mengerjakan LKS halaman 32
F. Sumber Belajar
1. Buku Sosiologi XI Erlangga
2. Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3. Lembar Kerja Siswa Kelas X
4. Kehidupan dalam masyarakat
5. Media cetak dan media elektronik
G. Penilaian
1. Partisipasi siswa selama pembelajaraan
2. Ketepatan dalam penguasaan materi
3. Hasil tugas mandiri (individu) LKS halaman 32
Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. Sugino Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002 NIP. 19860910 200903 2 010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
A. Identitas
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan : 11
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1 pertemuan )
Standar Kompetensi : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
Indikator : Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong interaksi sosial
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan faktor-faktor pendorong interaksi sosial
C. Materi Pembelajaran
Interaksi Sosial
D. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Eksplorasi
- Tanya jawab
E. Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal 15 menit
- Guru mengabsen siswa
- Guru mengulang sedikit materi kemarin
- Kegiatan Inti 65 menit
Eksplorasi
- Menjelaskan faktor-faktor prndorong interaksi sosial (imitasi, sugesti, identifikasi, simpati dan empati)
- Menuntun siswa untuk memberikan contoh dari imitasi, sugesti, identifikasi, simpati dan empati
Elaborasi
- Guru mengambil studi kasus tentang fenomena dukun cilik Ponari yang diambil dari artikel yang ada di surat kabar
- Siswa mendiskusikan secara individual terhadap kasus tersebut termasuk dalam kategori imitasi, sugesti, identifikasi, simpati atau empati beserta alasannya
Konfirmasi
- Memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menjelaskan kesimpulan dari hasil diskusi di depan kelas
- Kegiatan Penutup 10 menit
- Guru memberi tugas secara kelompok ( 1 kelompok 5 orang) untuk menganalisa tentang salah satu contoh artikel yang memuat faktor-faktor pendorong interakasi sosial (imitasi, sugesti, identifikasi, simpati maupun empati.
G. Sumber Belajar
1. Buku Sosiologi XI Erlangga
2. Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3. LKS
4. Kehidupan dalam masyarakat
5. Media cetak dan media elektronik
G. Penilaian
1. Partisipasi siswa selama pembelajaraan
2. Ketepatan dalam penguasaan materi
3. Hasil tugas mandiri (kelompok)
- secara kelompok ( 1 kelompok 5 orang) menganalisa tentang salah satu contoh artikel yang memuat faktor-faktor pendorong interakasi sosial (imitasi, sugesti, identifikasi, simpati maupun empati
Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. Sugino Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002 NIP. 19860910 200903 2 010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
A. Identitas
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan : 12 dan 13
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 2 pertemuan )
Standar Kompetensi : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
Indikator : 1. Mengidentifikasi status, peranan dalam interaksi sosial
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mejelaskan pengertia status dan peranan
2. Siswa dapat menjelaskan perbedaan status dan peranan
C. Materi Pembelajaran
Interaksi Sosial
D. Metode Pembelajaran
- Eksplorasi
- Tanya jawab
- Tugas terstruktur
- Diskusi
- Kerja mandiri
E. Kegiatan Pembelajaran
Peretemuan I
- Kegiatan Awal 10 menit
- Guru mengucapkan salam dan mengabsen siswa
- Guru mengulang sedikit materi yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
- Kegiatan Inti 70 menit
Eksplorasi
- Guru memberikan contoh tentang status dan peranan dalam sebuah masyarakat
- Guru menuntun siswa untuk mendefinisikan pengertian status dan peranan
- Siswa menjelaskan perbedaan status dan peranan
Elaborasi
- Memberi waktu kepada siswa untuk membaca tentang materi status dan kedudukan dalam buku erlangga dan LKS
- Kemudian secara kelompok ( dalam satu meja) siswa menyebutkan menganalisa studi kasus yang ada dalam buku Erlangga halaman 123
- Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya
Konfirmasi
- Memberikan kesempatan kepada siswa yang ingin memberikan penjelasan dari hasil pekerjaannya
- Memberikan apresiasi kepada siswa tersebut
- Kegiatan Penutup 10 menit
- Memberi post tes berupa materi yang baru dibahas
Peretemuan II
- Kegiatan Awal 10 menit
- Guru memberi salam dan mengabsen siswa
- Guru memberikan pretest dari materi yang diajarkan kemarin
- Kegiatan Inti 70 menit
Eksplorasi
- Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok ( 1 kelompok 5-6 orang)
- Setiap kelompok mencari artikel di perpustakaan tentang hubungan antara status yang diperoleh (missal presiden atau anggota DPR) dengan peranan yang dijalankan
- Siswa menganalisa (dalam artikel tersebut) apakah peranan yang dijalankan sudah sesuai dengan status yang dimilikinya
Elaborasi
- Setiap kelompok membacakan hasil analisanya di depan kelas dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh kelompok lain.
Konfirmasi
- Memberikan penguatan secara lisan terhadap kelompok yang mampu memberikan argument dengan benar
- Memberikan motivasi bagi siswa yang belum berpartisipasi secara aktif.
- Kegiatan Penutup 10 menit
- Memberi tugas pada siswa untuk mengerjakan soal latihan pada Lembar Kegiatan Siswa (LKS) halaman 58-59.
F. Sumber Belajar
1. Buku Sosiologi XI Erlangga
2. Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3. LKS
4. Kehidupan dalam masyarakat
G. Penilaian
1. Partisipasi siswa selama pembelajaraan
2. Ketepatan dalam penguasaan materi
3. Hasil tugas terstruktur (individu) LKS halaman 58-59
Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. Sugino Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002 NIP. 19860910 200903 2 010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
A. Identitas
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan : 14 dan 15
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 2 pertemuan )
Standar Kompetensi : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
Indikator : Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan bentuk-bentuk interaksi sosial
2. Siswa dapat membedakan antara bentuk interaksi asosiatif dan disosiatif
C. Materi Pembelajaran
Interaksi Sosial
D. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Eksplorasi
- Tanya jawab
- Diskusi
- Kerja mandiri
E. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
- Kegiatan Awal 10 menit
- Guru memberi salam
- Guru menanyakan tugas yang diberikan kemarin untuk di kumpulkan
- Kegiatan Inti 70 menit
Eksplorasi
- Guru menjelaskan bentuk-bentuk interaksi asosiatif (kerjasama, akomodasi, asimilasi, akulturasi)
- Siswa memberikan contoh dari interaksi asosiatif tersebut (kerjasama, akomodasi, asimilasi, akulturasi)
- Guru menayangkan sebuah video tentang tarian pagelaran wayang kulit
Elaborasi
- Setiap siswa memberikan kesimpulan dari video tersebut masuk dalam kategori mana (kerjasama, akomodasi, asimilasi ataukah akulturasi) beserta alasannya
Konfirmasi
- menyuruh salah satu atau beberapa siswa membacakan kesimpulannya.
- Kegiatan Penutup 10 menit
- Membantu meluruskan hasil kesimpulan siswa
Pertemuan II
- Kegiatan Awal 10 menit
- Guru memberi salam
- Guru memberi pretest dari materi kemarin
- Kegiatan Inti 70 menit
Eksplorasi
- Guru menjelaskan bentuk-bentuk interaksi disosiatif (persaingan, kontravensi, konflik)
- Siswa memberikan contoh-contoh dari interaksi disosiatif tersebut (persaingan, kontravensi, konflik)
Elaborasi
- Berdiskusi dengan menyebutkan beberapa konflik yang terjadi di Indonesia dan menjelaskan faktor-faktor penyebabnya
Konfirmasi
- Membantu meluruskan jawaban-jawaban siswa yang kurang benar
- Kegiatan Penutup 10 menit
- Menyuruh siswa untuk mempelajari bab III untuk persiapan ulangan harian pada pertemuan berikutnya
F. Sumber Belajar
1. Buku Sosiologi XI Erlangga
2. Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3. Kehidupan dalam masyarakat
4. Media cetak
5. LKS
G. Penilaian
1. Partisipasi siswa selama pembelajaraan
2. Penguasaan siswa terhadap materi
3. Hasil ulangan harian
Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. Sugino Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002 NIP. 19860910 200903 2 010
ULANGAN HARIAN 3 KELAS X
KD 3 – SEMESTER GASAL
1. Apa yang dimaksud dengan interaksi sosial?
2. Sebutkan dan jelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial!
3. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor pendorong interaksi sosial!
4. Apakah perbedaan antara imitasi dengan identifikasi? Berilah masing-masing contohnya!
5. Apa yang dimaksud dengan interaksi sosial yang bersifat asosiatif? Berilah contohnya (minimal 3)
6. Apakah perbedaan antara coercion dengan arbitrasi! Berilah contohnya!
7. Apa yang dimaksud dengan akulturasi? Berilah contohnya!
8. Sebutkan hasil dari sebuah persaingan!
9. Sebutkan dampak positif dari sebuah konflik!
10. Apa yang dimaksud dengan “Mekanisme katup pengaman”? Berilah contohnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar