Kamis, 14 Oktober 2010

Perangkat Pembelajaran kelas X

PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU

Nama                      :  SMA 2 Bae Kudus
Mata Pelajaran        :  Sosiologi
Kelas                       :  X
Semester                 :  1 (Gasal)
Tahun Pelajaran      :  2010/2011

A.   Banyaknya minggu dalam semester

Nama Bulan
Banyaknya Minggu
Juli
4 Minggu
Agustus
4 Minggu
September
5 Minggu
Oktober
4 Minggu
November
4 Minggu
Desember
5 Minggu
Jumlah
26 Minggu

B.   Banyaknya minggu tidak efektif untuk KBM

Kegiatan
Banyaknya Minggu
Awal masuk
2 Minggu
Awal puasa
1 Minggu
Akhir puasa
2 Minggu
Ulangan harian
1 Minggu
Ulangan Mid semester
1 Minggu
Ulangan Semester dan Remedial
2 Minggu
Cadangan
1 Minggu
Libur Akhir semester
2 Minggu
Jumlah
12 Minggu

C.   Banyaknya Minggu Efektif

Banyaknya minggu dalam semester                                           26 Minggu
Banyaknya minggu tidak efektif untuk KBM                           12 Minggu
Banyaknya minggu efektif                                                         14 Minggu
Banyaknya jam pelajaran per minggu                                           2 Jam Pelajaran
Banyaknya jam efektif                                                               28 Jam Pelajaran


Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar

Alokasi Waktu
1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
1.1 Menjelaskan fungsi  sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
1.2 Mendeskripsikan nilai dan norma yang   berlaku dalam masyarakat
1.3 Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial



10 Jam Pelajaran


8 Jam Pelajaran

10 Jam Pelajaran
Jumlah
    38 Jam Pelajaran

Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mapel



Drs. Sugino                                                                         Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002                                             NIP. 19860910 200903 2 010

PROGRAM TAHUNAN

Nama Sekolah        : SMA 2 Bae Kudus
Mata Pelajaran        :  Sosiologi
Kelas                      :  X
Tahun Pelajaran      :  2010/2011

Semester
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar

Alokasi Waktu

1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
1.1 Menjelaskan fungsi  sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
1.2 Mendeskripsikan nilai dan norma yang   berlaku dalam masyarakat
1.3 Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial

Ulangan Harian
Ulangan tengah Semester
Ulangan Akhir Semester
Remedial




10 JP



8 JP

10 JP

6 JP
2 JP
2 JP
2 JP
Jumlah
       40 JP

2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian

2.1 Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian
2.2 Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial.
2.3 Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat

Ulangan Harian
Ulangan tengah Semester
Ulangan Akhir Semester
Remedial


12 JP

12 JP

12 JP


6 JP
2 JP
2 JP
         2 JP
Jumlah
      48  JP
Jumlah Total




Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mapel



Drs. Sugino                                                                         Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002                                             NIP. 19860910 200903 2 010
PEMETAAN STANDAR ISI

MATA PELAJARAN   :  SOSIOLOGI
KELAS/SEMESTER    :  X/I

SK
KD
THP
INDIKATOR
THP
MATERI POKOK
RUANG  LINGKUP
ALOKASI
WAKTU

Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

1.1 Menjelaskan fungsi  sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan


1.2 Mendeskripsikan nilai dan norma yang   berlaku dalam masyarakat

1.3 Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial


C-1
C-2






C-4





C-2
-          Menjelaskan hakekat sosiologi
-          Mengidentifikasi sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
-          Menjelaskan kegunaan sosiologi dalam masyarakat
-          Mendeskripsikan dan memahami realitas sosial


-          Menjelaskan nilai sosial
-          Mengidentifikasi norma sosial




-          Mengidentifikasi hakikat interaksi social
-          Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong interaksi social
-          Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial


Sosiologi sebagai ilmu








Nilai dan Norma Sosial





Interaksi Sosial
Proses sosial








Struktur Sosial dan Lembaga Sosial




Proses Sosial
450 menit








360 menit





450 menit
DESAIN PEMBELAJARAN/IDENTIFIKASI SK/KD

Mata Pelajaran    :  Sosiologi
Kelas/Semester    :  X/I
Tahun Pelajaran :  2010/1011

SK
Kompetensi Dasar
Sinkro
nisasi Antar SK/KD
Sinkro
nikasi antar mapel
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka
Tugas terstruktur
Kegiatan Mandiri
Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

Menjelaskan fungsi  sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan



-          Menjelaskan hakekat sosiologi
-          Mengidentifikasi sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
-          Menjelaskan kegunaan sosiologi dalam masyarakat
-          Mendeskripsikan dan memahami realitas sosial

Guru menjelaskan definisi sosiologi dan obyek sosiologi

Guru menjelaskan ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu penngetahuan

Menjelaskan sejarah perkembangan sosiologi di Eropa dan Indonesia dengan memberikan contoh-contoh gambar revolusi Industri di Perancis dan Inggris

Guru menjelaskan garis besar keterkaitan ilmu sosiologi dengan ilmu-ilmu sosial lainnya

Guru menjelaskan kegunaan sosiologi dalam pembangunan dan penelitian

Guru menjelaskan definisi tentang realitas social dan batasan batasan masalah sosial

Mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS) halaman 23-24
Secara kelompok
(1 kelompok 4 orang) mencari artikel dalam Koran tentang masalah-masalah sosial yang terdapat di Indonesia

Mendeskripsikan nilai dan norma yang   berlaku dalam masyarakat


Pendidikan kewarganegaraan
-          Menjelaskan nilai sosial
-          Mengidentifikasi norma sosial

Guru memberi contoh tentang nilai sosial yang ada dalam masyarakat

Guru memberi contoh tentang norma sosial yang ada dalam masyarakat

Guru menyebutkan dan menjelaskan macam-macam norma seperti norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, norma kebiasaan, norma hokum

Guru menjelaskan tingkatan norrma seperti cara (usage), kebiasaan (folkways), tata kelakuan (mores).



Mengerjakan latihan dalam buku Erlangga halaman 67

Secara kelompok (1 kelompok 5 orang) mengerjakan LKS halaman 38 (Observasi dalam kelas)
     
           

Setiap individu mencari norma beserta sanksinya yang ada dalam lingkungan masyarakatnya

Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial



-          Mengidentifikasi hakikat interaksi sosial
-          Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong interaksi sosial
-          Mengidentifikasi status, peranan dalam interaksi sosial
-          Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial

Guru memberikan penjelasan tentang pengertian interaksi sosial.

Guru menjelaskan pengertian kontak dan komunikasi sebagai syarat terjadinya interaksi sosial

Menjelaskan faktor-faktor prndorong interaksi sosial (imitasi, sugesti, identifikasi, simpati dan empati)

Guru memberikan contoh tentang status dan peranan dalam sebuah masyarakat

Guru mendefinisikan pengertian status dan peranan

Guru menjelaskan bentuk-bentuk interaksi asosiatif (kerjasama, akomodasi, asimilasi, akulturasi)

Guru menayangkan sebuah video tentang tarian pagelaran wayang kulit



Secara individu mengerjakan latihan LKS halaman 32

Mengerjakan soal latihan pada Lembar Kegiatan Siswa (LKS) halaman 58-59.
Secara kelompok ( 1 kelompok 5 orang) untuk menganalisa tentang salah satu contoh artikel yang memuat faktor-faktor pendorong interakasi sosial (imitasi, sugesti, identifikasi, simpati maupun empati




















SILABUS

Mata Pelajaran    :  Sosiologi
Kelas/Semester    :  X/I
Tahun Pelajaran :  2010/1011

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Sinkronisasi
Antar
SK/KD
Sinkronisasi antar
mapel
Indikator pencapaian
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber/bahan/alat
Menjelaskan fungsi  sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan














Mendeskripsikan nilai dan norma yang   berlaku dalam masyarakat












Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial

Sosiologi sebagai ilmu


























Nilai dan Norma Sosial




















Interaksi Sosial
Menjelaskan pengertian sosiologi dari beberapa tokoh dan menuntun siswa menyebutkan beberapa contoh obyek-obyek sosiologi yang terjadi di lingkungan desanya

Menjelaskan ciri-ciri sosiologi dan sejarah perkembangan sosiologi

Secara kelompok (dalam satu meja)  siswa menyebutkan kelebihan dan kekurangan metode kualitatif dan kuantitatif

Berdiskusi secara individual tentang perbedaan dan persamaan kajian antara sosiologi dengan antropologi sosial.

Secara kelompok berdiskusi mengenai masalah-masalah sosial yang sedang dihadapi negara Indonesia

Menuntun siswa menyebutkan contoh-contoh masalah sosial yang ada di Indonesia dan memberi tugas mengerjakan studi kasus pada buku Erlangga halaman 43


Diskusi interaktif secara individual menyebutkan contoh-contoh nilai-nilai sosial yang ada dalam masyarakatnya

Menjelaskan jenis-jenis nilai-nilai sosial (nilai material, nilai vital, dan kerohanian) menurut Prof. Dr. Notonegoro dan menuntun siswa menyebutkan contoh-contohnya,

Diskusi interaktif secara individual menyebutkan contoh-contoh norma-norma sosiaal baik nilai formal maupun non formal yang ada dalam masyarakatnya

Guru menjelaskan tingkatan norrma seperti cara (usage), kebiasaan (folkways dan secara individual siswa memberikan perbedaan diantara norma-norma tersebut beserta contohnya


Secara kelompok (1 kelompok 5 orang) untuk mencari artikel tentang interaksi baik antar individu maupun antar kelompok diperpustakaan dan menentukan unsur-unsur pokok dalam interaksi/komunikasi dalam artikel tersebut seperti komunikator, komunikan, pesan, media maupun efek yang dihasilkan

Secara individual berdiskusi mengenai studi kasus tentang fenomena dukun cilik Ponari yang diambil dari artikel yang ada di surat kabar untuk menentukan kasus tersebut termasuk dalam kategori imitasi, sugesti, identifikasi, simpati atau empati beserta alasannya

Secara kelompok mencari artikel di perpustakaan tentang hubungan antara status yang diperoleh (missal presiden atau anggota DPR) dengan peranan yang dijalankan dan menganalisa apakah peranan yang dijalankan sudah sesuai dengan status yang dimilikinya

Menayangkan sebuah video tentang tarian pagelaran wayang kulit dan siswa memberikan kesimpulan dari video tersebut masuk dalam kategori mana (kerjasama, akomodasi, asimilasi ataukah akulturasi) beserta alasannya.

Berdiskusi dengan menyebutkan beberapa konflik yang terjadi di Indonesia dan menjelaskan faktor-faktor penyebabnya






























Pendidikan kewarganegaraan
-      Menjelaskan hakekat sosiologi
-      Mengidentifikasi sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
-      Menjelaskan kegunaan sosiologi dalam masyarakat
-      Mendeskripsikan dan memahami realitas social

















-      Menjelaskan nilai sosial
-      Mengidentifikasi norma social




















-      Mengidentifikasi hakikat interaksi sosial
-      Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong interaksi sosial
-      Mengidentifikasi status, peranan dalam interaksi sosial
-      Mengidentifikasi bentuk-bentuk
-      interaksi social



Jenis Tagihan
- Tugas individu
- Tugas kelompok
- Ulangan harian

Bentuk Tagihan
- Laporan tertulis
- Uraian





















Jenis Tagihan
- Tugas individu
- Tugas kelompok
- Ulangan harian

Bentuk Tagihan
- Laporan tertulis
- Uraian
















Jenis Tagihan
- Tugas individu
- Tugas kelompok
- Ulangan harian

Bentuk Tagihan
- Laporan tertulis
- Uraian

450 menit



























360 menit






















450 menit
Buku Sosiologi XI Erlangga

Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto

Lembar Kerja Siswa (LKS)

Media Massa seperti majalah, Koran, dan literature lainnya yang relevan

Kehidupan dalam masyarakat

LCD






Buku Sosiologi XI Erlangga

Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto

Lembar Kerja Siswa (LKS)

Media Massa seperti majalah, Koran, dan literature lainnya yang relevan

Kehidupan dalam masyarakat

LCD


Buku Sosiologi XI Erlangga

Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto

Lembar Kerja Siswa (LKS)

Media Massa seperti majalah, Koran, dan literature lainnya yang relevan

Kehidupan dalam masyarakat

LCD



PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah       :  SMA 2 Bae Kudus
Mata Pelajaran      :  Sosiologi
Kelas/Program       :  X
Semester                :  1 (Gasal)
Tahun Pelajaran     :  2010/2011
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
   Juli               Agustus              September             Oktober          Nopember        Desember
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

1.1  Menjelaskan fungsi  sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
10
Libur Akhir Smt 2



X

X

X


X
Ulangan Harian





X



X
Libur puasa
    Libur puasa










X
Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester

U








X








X








X








X

Ulangan Harian
Cadangan
Ulangan Semester 1
Remidi
Libur Akhir Smt 1
1.2  Mendeskripsikan nilai dan norma yang   berlaku dalam masyarakat
8
1.3  Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
10
Jumlah
28

















                                                                                                                                                                                                                                                                                                            Kudus, 3 Agustus 2010
                                    Mengetahui                                                                                                                             
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                     Guru Mapel


Drs. Sugino                                                                                                                                                                                                                                           Maharromiyati, S. P 
 NIP. 19630717 198601 1 002                                                                                                                                                                                                              NIP. 19860910 200903 2 010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )



A.    Identitas

Mata Pelajaran                  :  SOSIOLOGI
Kelas/Semester                  :  X / 1
Pertemuan                         :  1
Alokasi Waktu                  :  2 x 45 menit ( 1 pertemuan )
Standar Kompetensi            :        Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar             : Menjelaskan fungsi  sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
Indikator                           :  Menjelaskan hakekat sosiologi
     

B.     Tujuan Pembelajaran

1.   Siswa dapat menjelaskan definisi sosiologi
2.      Siswa dapat menjelaskan obyek sosiologi

C.    Materi Pembelajaran

Sosiologi sebagai Ilmu

D.    Metode Pembelajaran

-          Eksplorasi
-          Tanya jawab/diskusi
-          Ceramah

E.     Kegiatan Pembelajaran



  • Kegiatan Awal                                                                                              15 menit
- Guru mempersiapkan kelas, mengucapkan selamat atas keberhasilannya masuk di R SMA BI 1 Bae.
- Guru memperkenalkan diri
- Guru menjelaskan tujuan mempelajari Sosiologi sebagai Ilmu                                                                                  
  • Kegiatan Inti                                                                                                 60 menit
a.   Eksplorasi
-  Menjelaskan pengertian sosiologi dari beberapa tokoh
-  Menuntun siswa untuk memberikan kesimpulan definisi sosiologi
b.   Elaborasi
-  Siswa disuruh membaca obyek/pokok bahasan sosiologi yang ada dalam buku
- Siswa menyebutkan beberapa contoh obyek-obyek sosiologi yang terjadi di lingkungan desanya
c.   Konfirmasi                                                                                           
- Memberi motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

  • Kegiatan Penutup                                                                                         15 menit
-    Guru memberi soal (post-test) untuk dikerjakan secara individu (



F.     Sumber Belajar

1.      Buku Sosiologi XI Erlangga
2.      Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3.      LKS
4.      Kehidupan dalam masyarakat

GPenilaian
      1.   Partisipasi siswa selama pembelajaraan
      2.   Ketepatan dalam penguasaan materi
      3.   Hasil tugas mandiri (individu)




                                                                                            Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mapel



Drs. Sugino                                                                         Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002                                             NIP. 19860910 200903 2 010


       

 

 

 

 

 

 

 

 

 
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


A.    Identitas

Mata Pelajaran                  :  SOSIOLOGI
Kelas/Semester                  :  XI / 1
Pertemuan                         :  2 dan 3
Alokasi Waktu                  :  4 x 45 menit ( 2 pertemuan )
Standar Kompetensi          : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar             : Menjelaskan fungsi  sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
Indikator                           :  Mengidentifikasi sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
     

B.     Tujuan Pembelajaran

1.   Siswa dapat meyebutkan cirri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
2.   Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan metode-metode sosiologi
3.   Siswa dapat menjelaskan perkembangan sosiologi di Eropa
4.   Siswa dapat menjelaskan perkembangan sosiologi di Indonesia

C.    Materi Pembelajaran

Sosiologi sebagai ilmu

D.    Metode Pembelajaran

-          Eksplorasi
-          Tanya jawab
-          Tugas terstruktur
-          Diskusi
-          Kerja mandiri

E.     Kegiatan Pembelajaran

Peretemuan I

  • Kegiatan Awal                                                                                              10 menit
- Guru mengucapkan salam dan mengabsen siswa
-  Guru mengulang sedikit materi yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
 
  • Kegiatan Inti                                                                                                 70 menit
Eksplorasi
-  Guru menjelaskan ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu penngetahuan
-  Menjelaskan sejarah perkembangan sosiologi di Eropa dan Indonesia dengan memberikan contoh-contoh gambar revolusi Industri di Perancis dan Inggris lewat LCD
     
Elaborasi
-    Memberi waktu kepada siswa untuk membaca metode-metode sosiologi dalam buku dan LKS,
-    Kemudian secara kelompok ( dalam satu meja)  siswa menyebutkan kelebihan dan kekurangan metode kualitatif dan kuantitatif
-    Memberi beberapa contoh hasil penelitian sosiologi, dan memberikan kesempaatan kepada siswa unntuk menentukan apakah masuk dalam kategori kualitatif atau kuantitatif, beserta alasannya.

      Konfirmasi                                                                                      
-  Guru membantu meluruskan pendapat dari siswa
-  Memberi motivasi kepada siswa yang belum berpartisipasi secara aktif


  • Kegiatan Penutup                                                                                         10 menit
-          Memberi post tes berupa materi yang baru dibahas                   


Peretemuan II

  • Kegiatan Awal                                                                                              10 menit
-    Guru memberi salam dan mengabsen siswa
-    Guru memberikan pretest dari materi yang diajarkan kemarin
 
  • Kegiatan Inti                                                                                                 70 menit
Eksplorasi
-    Guru menjelaskan garis besar keterkaitan ilmu sosiologi dengan ilmu-ilmu sosial lainnya
-    Siswa memperdalam batasan-batasan terhadap obyek masyarakat yang dipelajari oleh  ilmu sosiologi dengan ilmu-ilmu sosial lainnya seperti sejarah, politik, ekonomi, maupun antropologi
     
Elaborasi
- Berdiskusi secara individual tentang perbedaan dan persamaan kajian antara sosiologi dengan antropologi sosial.
     
Konfirmasi                                                                                     
-    Memberikan penguatan secara lisan terhadap siswa yang memberikan argumen secara benar
-    Memberikan motivasi bagi siswa yang belum berpartisipasi secara aktif.


  • Kegiatan Penutup                                                                                         10 menit
-    Memberi tugas pada siswa untuk mengerjakan soal latihan pada Lembar Kegiatan Siswa (LKS) halaman 23-24.                  

F.     Sumber Belajar

1.      Buku Sosiologi XI Erlangga
2.      Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3.      LKS
4.   Kehidupan dalam masyarakat

GPenilaian
      1.   Partisipasi siswa selama pembelajaraan
      2.   Ketepatan dalam penguasaan materi
      3.   Hasil tugas terstruktur (individu) LKS halaman 23-24


                                                             Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mapel



Drs. Sugino                                                                         Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002                                             NIP. 19860910 200903 2 010



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )



A.    Identitas

Mata Pelajaran                  :  SOSIOLOGI
Kelas/Semester                  :  XI / 1
Pertemuan                         :  4
Alokasi Waktu                  :  2 x 45 menit (  1 pertemuan )
Standar Kompetensi          : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar            : Menjelaskan fungsi  sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
Indikator                           : Menjelaskan kegunaan sosiologi dalam masyarakat

B.     Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat menjelaskan kegunaan sosiologi dalam masyarakat
2.      Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan peran sosiolog dalam masyarakat

C.    Materi Pembelajaran

Sosiologi sebagai Ilmu

D.    Metode Pembelajaran

-          Ceramah
-          Eksplorasi
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Kerja mandiri

E.     Kegiatan Pembelajaran

  • Kegiatan Awal                                                                                              10 menit
-    Guru memberi salam
-    Guru menanyakan tugas yang diberikan kemarin untuk di kumpulkan
-    Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran pada pertemuan ini
                                                                                                     
  • Kegiatan Inti                                                                                                 70 menit
Eksplorasi
- Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok (1 kelompok 4 siswa).
-  Guru menjelaskan kegunaan sosiologi dalam pembangunan dan penelitian
-  Guru menayangkan sebuah video acara diskusi dari seorang sosiolog Indonesia (Iman Prasojo) yang membahas tentang masalah-masalah sosial yang sedang dihadapi negara Indonesia lewat LCD

Elaborasi
-    Setiap kelompok memberikan kesimpulan dari video tersebut tentang peran seorang sosiolog dan dikumpulkan

Konfirmasi
-  Salah satu kelompok memaparkan kesimpulannya di depan kelas

  • Kegiatan Penutup                                                                                         10 menit
- Membantu meluruskan hasil kesimpulan siswa

F.     Sumber Belajar

1.      Buku Sosiologi XI Erlangga
2.      Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3.      Kehidupan dalam masyarakat
4.      Media cetak
5.      LKS

GPenilaian
      1.   Partisipasi siswa selama pembelajaraan
      2.   Hasil tugas mandiri (kelompok, 1 kelompok 4 orang)
            - Mencari artikel dalam koran tentang masalah-masalah sosial yang terdapat di Indonesia






                                                                Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mapel



Drs. Sugino                                                                         Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002                                             NIP. 19860910 200903 2 010































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

A.    Identitas

Mata Pelajaran                  :  SOSIOLOGI
Kelas/Semester                  :  XI / I
Pertemuan                         :  5
Alokasi Waktu                  :  2 x 45 menit ( 1 pertemuan )
Standar Kompetensi          : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar            : Menjelaskan fungsi  sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
Indikator                           :  Mendeskripsikan dan memahami realitas sosial

B.     Tujuan Pembelajaran

1.  Siswa dapat menjelaskan pengertian realitas sosial
2    Siswa dapat menjelaskan batasan-batasan masalah sosial
3.   Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh masalah sosial

C.    Materi Pembelajaran

Sosiologi sebagai ilmu

D.    Metode Pembelajaran

-          Ceramah
-          Eksplorasi
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Kerja mandiri

E.     Kegiatan Pembelajaran


  • Kegiatan Awal                                                                                              10 menit
- Guru memberi beberapa pertanyaan tentang kegunaan sosiologi dalam pembangunan

  • Kegiatan Inti                                                                                                 70 menit
      Eksplorasi                                                                                      
-  Guru menjelaskan definisi tentang realitas sosial
- Menuntun siswa menyebutkan contoh-contoh masalah sosial yang ada di Indonesia

Elaborasi
-    Siswa diberi tugas mengerjakan studi kasus pada buku Erlangga halaman 43
-    Memberi kesempatan kepada siswa untuk tampil di depan kelas, membacakan dan menjelaskan hasil dari pekerjaannya

Konfirmasi
-  Guru memberikan apresiasi dan masukan kepada siswa yang tampil di depan.
  • Kegiatan Penutup                                                                                         10 menit
-    Guru memberikan kesimpulan dari materi yang diajarkan
-    Guru menyuruh siswa mempelajari keseluruhan bab I untuk ulangan harian pada pertemuan berikutnya



F.     Sumber Belajar

a.       Buku Sosiologi XI Erlangga
b.      Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
c.       Lembar Kerja Siswa (LKS)
d.      Kehidupan dalam masyarakat
e.       Media cetak

GPenilaian
      1.   Hasil Ulangan Harian (soal terlampir)





                                                                Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mapel



Drs. Sugino                                                                         Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002                                             NIP. 19860910 200903 2 010


































SOAL ULANGAN HARIAN 1 KELAS X
KD 1 – SEMESTER GASAL

1.   Mengapa filosof Perancis Auguste Comte disebut sebagai bapak Sosiologi? Jelaskan1
2.   Sebutkan cirri-ciri ilmu sosiologi! Jelaskan!
3.   Apa yang dimaksud dengan “ilmu sosiologi bersifat kategoris bukan normatif”?
4.   Sebutkan perbedaan antara metode kualitatif dan kuantitatif!
5.   Apakah kegunaan sosiologi dalam perencanaan pembangunan?
6.   Apakah perbedaan sosiologi dengan psikologi? Jelaskan!
7.   Apa yang dimaksud dengan relitas sosial?
8.   Sebutkan dan jelaskan tahap-tahap realitas sosial menurut Emile Durkheim!
9.   Apakah perbedaan keluarga luas dengan keluarga inti? Berilah contohnya!
10. Sebutkan 5 contoh fenomena sosial yang menjadi masalah sosial di Indonesia!





































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

A.  Identitas

Mata Pelajaran                  :  SOSIOLOGI
Kelas/Semester                  :  XI / I
Pertemuan                         :  6 dan 7
Alokasi Waktu                  :  4 x 45 menit ( 2 pertemuan )
Standar Kompetensi          : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar             : Mendeskripsikan nilai dan norma yang   berlaku dalam masyarakat
Indikator                           :  Menjelaskan nilai sosial

B.     Tujuan Pembelajaran

1.   Siswa dapat menjelaskan pengertian nilai sosial
2.   Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh nilai sosial

C.    Materi Pembelajaran

Nillai dan Norma Sosial

D.    Metode Pembelajaran

-          Ceramah
-          Eksplorasi
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Kerja mandiri

E.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

  • Kegiatan Awal                                                                                              10 menit
-    Guru memberi salam
-    Guru menjelaskan Kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran pada bab ini (nilai dan Norma Sosial)

  • Kegiatan Inti  
Eksplorasi                                                                                                    70 menit
-    Guru memberi contoh tentang nilai sosial yang ada dalam masyarakat
-    Dari contoh tersebut, siswa menyimpulkan pengertian nilai sosial

Elaborasi
- Diskusi interaktif secara individual menyebutkan contoh-contoh nilai-nilai sosial yang ada dalam masyarakatnya

Konfirmasi
-    Guru meluruskan jawaban-jawaban siswa yang kurang tepat
-    Guru memberi motivasi bagi siswa yang kurang terlibat dalam diskusi

·         Penutup                                                                                                        10 menit
-    Menyuruh siswa untuk mempelajari cirri-ciri dan fungsi nilai sosial untuk persiapan pada proses pembelajaran berikutnya




Pertemuan II
  • Kegiatan Awal                                                                                              10 menit
-  Guru memberikan beberapa pertanyaan tentang cirri-ciri dan fungsi nilai sosial

  • Kegiatan Inti                                                                                                 70 menit
Eksplorasi                                                                                     
-    Guru menjelaskan jenis-jenis nilai-nilai sosial (nilai material, nilai vital, dan kerohanian) menurut Prof. Dr. Notonegoro
-    Menuntun siswa menyebutkan contoh-contoh nilai material, nilai vital dan nilai kerohanian

Elaborasi
-    Siswa mengerjakan soal dalam buku Erlangga halaman 67
-    Guru berkeliling kelas mengamati siswa dan membantu siswa yang mengalami kesulitan

Konfirmasi
-  Menyuruh beberapa siswa membacakan hasil jawabannya

·         Penutup
-    Guru meluruskan jawaban-jawaban siswa yang kurang tepat.

F.     Sumber Belajar

1.      Buku Sosiologi XI KBK Tim Yudistira
2.      Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3.      Kehidupan dalam masyarakat
4.      Media cetak dan media elektronik (LCD)

GPenilaian
      1.   Partisipasi siswa selama pembelajaraan
      2.   Ketepatan dalam penguasaan materi
      3.   Hasil tugas terstruktur buku Erlangga halaman 67
     






                                                               Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mapel



Drs. Sugino                                                                         Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002                                             NIP. 19860910 200903 2 010









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


A.    Identitas

Mata Pelajaran                  :  SOSIOLOGI
Kelas/Semester                  :  XI / I
Pertemuan                         :  8 dan 9
Alokasi Waktu                  :  4 x 45 menit ( 2 pertemuan )
Standar Kompetensi          : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar             : Mendeskripsikan nilai dan norma yang   berlaku dalam masyarakat
Indikator                           :  Mengidentifikasi norma sosial

B.     Tujuan Pembelajaran

1.   Siswa dapat menjelaskan pengertian dan fungsi norma sosial
2.   Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh norma sosial
3.   Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan tingkatan norma sosial
4.   Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis norma sosial

C.    Materi Pembelajaran

Nillai dan Norma Sosial

D.    Metode Pembelajaran

-          Ceramah
-          Eksplorasi
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Kerja mandiri

E.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

  • Kegiatan Awal                                                                                              10 menit
-    Guru memberi salam
-    Guru menjelaskan sebentar garis besar materi nilai sosial

  • Kegiatan Inti                                                                                                 70 menit
Eksplorasi                                                                                                                          
-    Guru memberi contoh tentang norma sosial yang ada dalam masyarakat
-    Dari contoh tersebut, siswa menyimpulkan pengertian norma sosial
-    Dari contoh yang diberikan, guru menuntun siswa untuk menjelaskan fungsi nilai
Elaborasi
- Diskusi interaktif secara individual menyebutkan contoh-contoh norma-norma sosiaal baik nilai formal maupun non formal yang ada dalam masyarakatnya
Konfirmasi
-    Guru meluruskan jawaban-jawaban siswa yang kurang tepat
-    Guru memberi motivasi bagi siswa yang kurang terlibat dalam diskusi

·         Penutup
-    Menyuruh siswa untuk mempelajari cirri-ciri dan fungsi nilai sosial untuk persiapan pada proses pembelajaran berikutnya
Pertemuan II

  • Kegiatan Awal                                                                                              10 menit
-  Guru memberikan beberapa pertanyaan tentang pengertian dan fungsi norma sosial
  • Kegiatan Inti  
Eksplorasi                                                                                                   70 menit
-    Guru menjelaskan tingkatan norrma seperti cara (usage), kebiasaan (folkways), tata kelakuan (mores).
-    Dari penjelasan tersebut, siswa memberi contoh dari usage, folkways dan mores
-    Guru menyebutkan dan menjelaskan macam-macam norma seperti norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, norma kebiasaan, norma hukum
-    Siswa memberikan perbedaan diantara norma-norma tersebut beserta contohnya
Elaborasi
-    Siswa mengerjakan soal dalam buku Erlangga halaman 77
-    Guru berkeliling kelas mengamati siswa dan membantu siswa yang mengalami kesulitan
Konfirmasi
-  Menyuruh beberapa siswa membacakan hasil jawabannya

·         Penutup
-    Guru meluruskan jawaban-jawaban siswa yang kurang tepat.
-    Menyuruh siswa mempelejari materi bab II (nilai dan norma sosial) untuk persiapan ulangan harian pada pertemuan berikutnya


F.   Sumber Belajar

1.   Buku Sosiologi XI KBK Tim Yudistira
2.   Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3.   LKS
4.   Kehidupan dalam masyarakat
5.Media cetak dan media elektronik (LCD)

GPenilaian
      1.   Partisipasi siswa selama pembelajaraan
      2.   Ketepatan dalam penguasaan materi
      3.   Hasil tugas terstruktur (kelompok, 1 kelompok 5 orang)
            - Mengerjakan LKS halaman 38 (Observasi dalam kelas)
      4.   Hasil tugas mandiri (individu)
            - Setiap individu mencari norma beserta sanksinya yang ada dalam lingkungan masyarakatnya
      5.   Hail Ulangan Harian (terlampir)

                                                                 Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mapel



Drs. Sugino                                                                         Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002                                             NIP. 19860910 200903 2 010
ULANGAN HARIAN 2 KELAS X
KD 2 – SEMESTER GASAL

1.   Apa yang dimaksud dengan nilai sosial?
2.   Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis nilai sosial menurut Prof. Notonegoro! Berilah masing-masing contohnya!
3.   Apa yang dimaksud dengan nilai dominant? Berilah contohnya!
4.   Sebutkan dan jelaskan suber-sumber nilai sosial!
5.   Sebutkan 5 fungsi nilai dalam interaksi sosial!
6.   Apa yang dimaksud dengan norma sosial?
7.   Sebutkan dan jelaskan fungsi norma sosial!
8.   Apa yang dimaksud dengan norma kesusilaan? Berilah contohnya!
9.   Sebutkan dan jelaskan macam-macam norma sosial!
10. Jelaskan hubungan antara interaksi sosial dengan norma sosial!





































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )



A.    Identitas

Mata Pelajaran                  :  SOSIOLOGI
Kelas/Semester                  :  XI / I
Pertemuan                         :  10
Alokasi Waktu                  :  2 x 45 menit ( 1 pertemuan )
Standar Kompetensi        :  Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar             :  Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
Indikator                           : Mengidentifikasi hakikat interaksi sosial

B.     Tujuan Pembelajaran

1.   Siswa dapat menjelaskan pengertian interaksi sosial
2.   Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan syarat terjadinya interaksi sosial

C.    Materi Pembelajaran

Interaksi Sosial

D.    Metode Pembelajaran

-          Ceramah
-          Eksplorasi
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Kerja mandiri

E.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

  • Kegiatan Awal                                                                                              15 menit
-  Guru memberi salam
-  Guru membacakan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran pada bab III ini        

  • Kegiatan Inti                          
Eksplorasi
-  Guru memberikan penjelasan tentang pengertian interaksi sosial.
-  Guru menjelaskan pengertian kontak dan komunikasi sebagai syarat terjadinya interaksi sosial
-  Siswa menyebutkan contoh-contoh sebuah kontak, kontak tanpa terjadinya komunikasi maupun kontak dengan menghasilkan komunikasi

Elaborasi
-  Memberi tugas kepada siswa secara kelompok (1 kelompok 5 orang) untuk mencari artikel tentang interaksi baik antar individu maupun antar kelompok diperpustakaan
-  Setiap kelompok menentukan unsur-unsur pokok dalam interaksi/komunikasi dalam artikel tersebut seperti komunikator, komunikan, pesan, media maupun efek yang dihasilkan



Konfirmasi
-  Guru membacakan hasil tugas salah satu kelompok yang memberikan jawaban yang paling sesuai dengan artikel

·         Penutup
- Menyuruh siswa mengerjakan LKS halaman 32

F.     Sumber Belajar

1.   Buku Sosiologi XI Erlangga
2.   Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3.   Lembar Kerja Siswa Kelas X
4.   Kehidupan dalam masyarakat
5.   Media cetak dan media elektronik

GPenilaian
      1.   Partisipasi siswa selama pembelajaraan
      2.   Ketepatan dalam penguasaan materi
      3.   Hasil tugas mandiri (individu) LKS halaman 32




                                                                 Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mapel



Drs. Sugino                                                                         Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002                                             NIP. 19860910 200903 2 010





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )



A.    Identitas

Mata Pelajaran                  :  SOSIOLOGI
Kelas/Semester                  :  X / 1
Pertemuan                         :  11
Alokasi Waktu                  :  2 x 45 menit ( 1 pertemuan )
Standar Kompetensi            :        Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar    : Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
Indikator                           :  Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong interaksi sosial

B.     Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan faktor-faktor pendorong interaksi sosial

C.          Materi Pembelajaran

Interaksi Sosial

D.    Metode Pembelajaran

-          Ceramah
-          Eksplorasi
-          Tanya jawab

E.     Kegiatan Pembelajaran



  • Kegiatan Awal                                                                                              15 menit
- Guru mengabsen siswa
-  Guru mengulang sedikit materi kemarin                                                                                  

  • Kegiatan Inti                                                                                                 65 menit
Eksplorasi
-     Menjelaskan faktor-faktor prndorong interaksi sosial (imitasi, sugesti, identifikasi, simpati dan empati)
-     Menuntun siswa untuk memberikan contoh dari imitasi, sugesti, identifikasi, simpati dan empati
Elaborasi
-  Guru mengambil studi kasus tentang fenomena dukun cilik Ponari yang diambil dari artikel yang ada di surat kabar
- Siswa mendiskusikan secara individual terhadap kasus tersebut termasuk dalam kategori imitasi, sugesti, identifikasi, simpati atau empati beserta alasannya
Konfirmasi                                                                                    
- Memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menjelaskan kesimpulan dari hasil diskusi di depan kelas

  • Kegiatan Penutup                                                                                         10 menit
-    Guru memberi tugas secara kelompok ( 1 kelompok 5 orang) untuk menganalisa tentang salah satu contoh artikel yang memuat faktor-faktor pendorong interakasi sosial (imitasi, sugesti, identifikasi, simpati maupun empati.

G.    Sumber Belajar

1.      Buku Sosiologi XI Erlangga
2.      Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3.      LKS
4.      Kehidupan dalam masyarakat
5.      Media cetak dan media elektronik

GPenilaian
      1.   Partisipasi siswa selama pembelajaraan
      2.   Ketepatan dalam penguasaan materi
      3.   Hasil tugas mandiri (kelompok)
            - secara kelompok ( 1 kelompok 5 orang) menganalisa tentang salah satu contoh artikel yang memuat faktor-faktor pendorong interakasi sosial (imitasi, sugesti, identifikasi, simpati maupun empati




                                                              Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mapel



Drs. Sugino                                                                         Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002                                             NIP. 19860910 200903 2 010



       

 

 

 

 

 

 

 

 

 



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


A.    Identitas

Mata Pelajaran                  :  SOSIOLOGI
Kelas/Semester                  :  XI / 1
Pertemuan                         :  12 dan 13
Alokasi Waktu                  :  4 x 45 menit ( 2 pertemuan )
Standar Kompetensi          : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar             : Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
    Indikator                           :  1. Mengidentifikasi status, peranan dalam interaksi sosial

     

B.     Tujuan Pembelajaran

1.   Siswa dapat mejelaskan pengertia status dan peranan
2.   Siswa dapat menjelaskan perbedaan status dan peranan

C.    Materi Pembelajaran

Interaksi Sosial

D.    Metode Pembelajaran

-          Eksplorasi
-          Tanya jawab
-          Tugas terstruktur
-          Diskusi
-          Kerja mandiri

E.     Kegiatan Pembelajaran

Peretemuan I

  • Kegiatan Awal                                                                                              10 menit
- Guru mengucapkan salam dan mengabsen siswa
-  Guru mengulang sedikit materi yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
 
  • Kegiatan Inti                                                                                                 70 menit
Eksplorasi
-  Guru memberikan contoh tentang status dan peranan dalam sebuah masyarakat
-  Guru menuntun siswa untuk mendefinisikan pengertian status dan peranan
-  Siswa menjelaskan perbedaan status dan peranan
     
Elaborasi
-  Memberi waktu kepada siswa untuk membaca tentang materi status dan kedudukan dalam buku erlangga dan LKS
-  Kemudian secara kelompok ( dalam satu meja)  siswa menyebutkan menganalisa studi kasus yang ada dalam buku Erlangga halaman 123
-  Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya
      Konfirmasi                                                                                      
-  Memberikan kesempatan kepada siswa yang ingin memberikan penjelasan dari hasil pekerjaannya
-  Memberikan apresiasi kepada siswa tersebut



  • Kegiatan Penutup                                                                                         10 menit
-    Memberi post tes berupa materi yang baru dibahas          


Peretemuan II

  • Kegiatan Awal                                                                                              10 menit
-    Guru memberi salam dan mengabsen siswa
-    Guru memberikan pretest dari materi yang diajarkan kemarin
 
  • Kegiatan Inti                                                                                                70 menit
Eksplorasi
-    Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok ( 1 kelompok 5-6 orang)
-    Setiap kelompok mencari artikel di perpustakaan tentang hubungan antara status yang diperoleh (missal presiden atau anggota DPR) dengan peranan yang dijalankan
-    Siswa menganalisa (dalam artikel tersebut) apakah peranan yang dijalankan sudah sesuai dengan status yang dimilikinya
     
Elaborasi
- Setiap kelompok membacakan hasil analisanya di depan kelas dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh kelompok lain.
     
Konfirmasi                                                                            
-    Memberikan penguatan secara lisan terhadap kelompok yang mampu memberikan argument dengan benar
-    Memberikan motivasi bagi siswa yang belum berpartisipasi secara aktif.



  • Kegiatan Penutup                                                                                         10 menit
-    Memberi tugas pada siswa untuk mengerjakan soal latihan pada Lembar Kegiatan Siswa (LKS) halaman 58-59.                  

F.     Sumber Belajar

1.      Buku Sosiologi XI Erlangga
2.      Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3.      LKS
      4.   Kehidupan dalam masyarakat

GPenilaian
      1.   Partisipasi siswa selama pembelajaraan
      2.   Ketepatan dalam penguasaan materi
      3.   Hasil tugas terstruktur (individu) LKS halaman 58-59

                                                                Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mapel


Drs. Sugino                                                                         Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002                                             NIP. 19860910 200903 2 010


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

A.  Identitas

Mata Pelajaran                  :  SOSIOLOGI
Kelas/Semester                  :  XI / 1
Pertemuan                         :  14 dan 15
Alokasi Waktu                  :  4 x 45 menit ( 2 pertemuan )
Standar Kompetensi          : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar             : Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
Indikator                           : Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial


B.  Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan bentuk-bentuk interaksi sosial
2.      Siswa dapat membedakan antara bentuk interaksi asosiatif dan disosiatif

C.    Materi Pembelajaran

Interaksi Sosial

D.    Metode Pembelajaran

-          Ceramah
-          Eksplorasi
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Kerja mandiri

E.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I
  • Kegiatan Awal                                                                                              10 menit
-    Guru memberi salam
-    Guru menanyakan tugas yang diberikan kemarin untuk di kumpulkan
                                                                                                     
  • Kegiatan Inti                                                                                                70 menit
Eksplorasi
- Guru menjelaskan bentuk-bentuk interaksi asosiatif (kerjasama, akomodasi, asimilasi, akulturasi)
-  Siswa memberikan contoh dari interaksi asosiatif tersebut (kerjasama, akomodasi, asimilasi, akulturasi)
-  Guru menayangkan sebuah video tentang tarian pagelaran wayang kulit
Elaborasi
-  Setiap siswa memberikan kesimpulan dari video tersebut masuk dalam kategori mana (kerjasama, akomodasi, asimilasi ataukah akulturasi) beserta alasannya
Konfirmasi
-  menyuruh salah satu atau beberapa siswa membacakan kesimpulannya.

  • Kegiatan Penutup                                                                                         10 menit
-    Membantu meluruskan hasil kesimpulan siswa


Pertemuan II
  • Kegiatan Awal                                                                                              10 menit
-    Guru memberi salam
-    Guru memberi pretest dari materi kemarin
                                                                                                     
  • Kegiatan Inti                                                                                                70 menit
Eksplorasi
- Guru menjelaskan bentuk-bentuk interaksi disosiatif (persaingan, kontravensi, konflik)
- Siswa memberikan contoh-contoh dari interaksi disosiatif tersebut (persaingan, kontravensi, konflik)
Elaborasi
-  Berdiskusi dengan menyebutkan beberapa konflik yang terjadi di Indonesia dan menjelaskan faktor-faktor penyebabnya
Konfirmasi
-  Membantu meluruskan jawaban-jawaban siswa yang kurang benar

  • Kegiatan Penutup                                                                                         10 menit
- Menyuruh siswa untuk mempelajari bab III untuk persiapan ulangan harian pada pertemuan berikutnya


F.     Sumber Belajar

1.      Buku Sosiologi XI Erlangga
2.      Pengantar Sosiologi , Soerjono Soekanto
3.      Kehidupan dalam masyarakat
4.      Media cetak
5.      LKS

GPenilaian
      1.   Partisipasi siswa selama pembelajaraan
      2.   Penguasaan siswa terhadap materi
      3.   Hasil ulangan harian






                                                                Kudus, 3 Agustus 2010
Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mapel



Drs. Sugino                                                                         Maharromiyati, S. Pd
NIP. 19630717 198601 1 002                                             NIP. 19860910 200903 2 010




ULANGAN HARIAN 3 KELAS X
KD 3 – SEMESTER GASAL

1.   Apa yang dimaksud dengan interaksi sosial?
2.   Sebutkan dan jelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial!
3.   Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor pendorong interaksi sosial!
4.   Apakah perbedaan antara imitasi dengan identifikasi? Berilah masing-masing contohnya!
5.   Apa yang dimaksud dengan interaksi sosial yang bersifat asosiatif? Berilah contohnya (minimal 3)
6.   Apakah perbedaan antara coercion dengan arbitrasi! Berilah contohnya!
7.   Apa yang dimaksud dengan akulturasi? Berilah contohnya!
8.   Sebutkan hasil dari sebuah persaingan!
9.   Sebutkan dampak positif dari sebuah konflik!
10. Apa yang dimaksud dengan “Mekanisme katup pengaman”? Berilah contohnya!






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar