Rabu, 14 September 2011

Reviu


DI PINGGIR MEXICO CITY

KELUARGA SANCHEZ

              Di dalam artikel ini penulis memaparkan permasalahan tentang kehidupan keluarga Sanchez mengenai kondisi perekonomian dan konflik-konflik yang terjadi di keluarga besar. Keluarga sanchez adalah keluarga miskin yang dikepalai oleh Jesus yang memiliki banyak istri yang semuanya diawali dari hubungan bebas. Begitu juga istri-istri Jesus semuanya sebelum hidup bersama Jesus juga pernah hidup dan punya anak dari hubungan bebas. Di dalam artikel itu digambarkan tentang hubungan antar sesama anggota keluarga besar, peran suami yang lebih berkuasa atas istri. Selain itu juga digambarkan mengenai konflik-konflik yang terjadi di dalam keluarga.

              Metode Penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif kualitatif. Penulis lebih banyak menceritakan objek dengan apa adanya sesuai dengan fakta yaang diperolehnya ketika di lapangan. Cara memperoleh data yaitu dengan observasi terhadap fenomena kehidupan keluarga Sanchez. Selain observasi dilakukan wawancara juga hal ini dapat dilihat dari perolehan data yaitu dari kehidupan masa lalu keluarga hingga saat penelitian dilakukan.
              Teori yang membingkai tulisan ini adalah Pertama, teori kemiskinan yaitu penggambaran kehidupan masyarakat miskin yang hidup dengan kondisi pas-pasan dan sulit untuk merubah nasib walaupun sudah bekerja keras. Kedua, teori konflik yaitu dengan menggamberkan konflik-konflik yang terjadi di dalam keluarga besar. Banyak pertentangan dan persaingan yang terjadi, pertentangan antara suami (Jesus dan Lupita), persaingan antara Lupita (Istri tua) dan Delila sebagai (istri muda) Jesus. Ketiga,  teori ekonomi yaitu mengenai perekonomian keluarga yang meliputi pekerjaan atau mata pencaharian yang dilakukan oleh keluarga Sanchez.
              Dari artikel tersebut dapat diperoleh gambaran mengenai keluarga Sanchez yaitu sebagai berikut:
              Keluarga Sanchez adalah keluarga besar, di mana Jesus Sebagai keluarga yang memiliki banyak istri yang diperoleh dari hubungan bebas. Jesus adalah tipe orang yang senang bekerja dan memiliki ambisi yang besar untuk bisa memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Jesus memiliki Istri bernama Lupita dan Delila. Di dalam artikel digambarkan bagaimana Konflik yang terjadi di dalam keluarga ini. Lupita sebagai Seorang istri merasa tertekan tetapi dia berusaha menyembunyikannnya dari anak-anaknya. Jesus sebagai kepala keluarga lebih menyanyagi Delila (istri mudanya) sehingga menimbulkan kecemburuan.
            Delila sebagai Istri muda cenderung egois yaitu ingin menguasai Jesus secara utuh dan cenderung memaksakan kehendak agar Jesus menelantarkan Lupita karena dianggap sebagai saingannya. Jesus memiliki anak yang banyak di mana mereka hidupnya banyak bergantung dari Jesus dan kurang mandiri. Jesus harus kerja keras banting tulang untuk memenuhi kelurga besarnya. Jesus bekerja sebagai Juru belanja makanan dan manager dapur sebuah restoran yang berpenghasilan pas-pasan dan harus dibagi dengan anggota keluarga yang banyak. Sehingga istri Jesus (Lupita) membantu Jesus dengan memelihara hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar