Sabtu, 26 Februari 2011

FUNGSI KELUARGA


FUNGSI-FUNGSI KELUARGA

1.      Fungsi-Fungsi Pokok Keluarga
                 Pada dasarnya fungsi-fungsi pokok keluarga yakni fungsi yang sulit dirubah dan digantikan orang lain. Fungsi-fungsi pokok itu antara lain :
a.      Fungsi Biologik / Reproduksi -> melanjutkan keturunan
            Keluarga merupakan tempat lahirnya anak-anak. Fungsi biologik orang tua ialah melahirkan anak. Fungsi ini merupakan dasar kelangsungan hidup masyarakat. Namun fungsi ini cenderung mengalami perubahan karena keluarga sekarang cenderung memiliki jumlah anak yang sedikit. Kecenderungan kepad jumlah anak yang lebih sedikit ini dipengaruhi oleh faktor-faktor :

1)      Perubahan tempat tinggal keluarga dari desa ke kota.
2)      Makin sulitnya fasilitas perumahan.
3)      Banyaknya anak dipandang sebagai hambatan untuk tercapainya kemesraan keluarga.
4)      Meningkatnya taraf pendidikan wanita berakibat berkurangnya fertilitanya.
5)      Berubahnya dorongan dari agama agar keluarga mempunyai banyak anak.
6)      Makin banyaknya ibu-ibu yang bekerja di luar rumah.
7)      Makin meluasnya pengetahuan dan penggunaan alat-alat kontrasepsi.

b.      Fungsi Afeksi
            Hubungan afeksi dalam keluarga tumbuh sebagai akibat hubungan cinta kasih yang menjadi dasar perkawinan. Dari keluarga inilah lahir hubungan persaudaraan, persahabatan, kebiasaan, identifikasi, persamaan pandangan terhadap nilai-nilai. Dalam masyarakat yang makin impersonal, sekuler dan asing, pribadi sangat membutuhkan hubungan afeksi seperti yang terdapat dalam keluarga.

c.       Fungsi Sosialisasi
            Fungsi sosialisasi menunjukkan peranan keluarga dalam membentuk kepribadian anak. Melalui interaksi sosial dalam keluarga anak mempelajari pola-pola tingkah laku, sikap, kenyakinan, cita-cita dan nilai-nilai dalam masyarakat dalam rangka perkembangan kepribadiannya.
Mac iver and page mengatkan” the primary fungtions”dari keluarga modern adalah sebagai berikut :
1)      Prokreasi dan memperhatikan serta membesarkan anak.
2)      Kepuasan yang lebih stabil dari kebutuhan seks masing-masing pasangan.
3)      Bagian dari rumah tangga, dengan gabungan materialnya, kebudayaan dan kasih sayang.

2.      Perubahan Fungsi-Fungsi Keluarga
                 Secara historis keluarga telah menghilangkan berbagai fungsi karakteristiknya dalam melayani anggota-anggotanya dan masyarakat. fungsi-fungsi karakteristik tersebut meliputi melahirkan dan memelihara anak, memberi dan menerima kasih sayang, aktivitas ekonomi, perlindungan, rekreasi, pendidikan dan agama telah beralih secara pesat kepada badan-badan di luar keluarga. Adapun perubahan-perubahan aktivitas dari fungsi keluarga ialah :
Aktivitas Ekonomi
                 Fungsi ekonomi dalam keluarga telah mengalami banyak modifikasi. Dahulu pembuatan barang-barang dan produk serta konsumsi makanan dilakukan sendiri dalam keluarga. Namun sekarang pabrik-pabrik telah mengambil alih segala produksi barang-barang dan tidak seorangpun menyadari bahwa fungsi keluarga telah berubah dalam konsumsi makanan dan tingkat terhadap penghematan tenaga kerja telah melanda ke dalam rumah. Perubahan yang nyata terlihat dalam aktivitas orang-orang di rumah. Keluarga sudah kurang mempergunakan alat masaknya dan lebih banyak membeli produksi dari toko makanan. Selain itu penggunaan alat-alat rumah tangga dan alat-alat yang menyenangkan hidup meningkat dengan pesat. Hal ini tentunya meringankan pekerjaan ibu rumah tangga dan merupakan indeks perubahan-perubahan dalam kebiasaan-kebiasaan pekerjaan di rumah.

Aktivitas-aktivitas Proteksi (Perlindungan)
                 Dalam masyarakat awalnya, laki-laki dari suatu keluaga melindungi keluarganya dengan menggunakan senjata api. Dewasa ini polisi dan penjaga keamananlah yang melindungi kehidupan dan kekayaan keluarga; departemen kesehatan memberikan perlindungan dari penyakit. Perusahaan-perusahaan asuransi, badan-badan negara dan program keamanan sosial dari pemerintah melindungi keluarga dari kematian angota-nggota, kecelakaan, penyakit, pengangguran dan usia tua.
                 Jadi dapat dikatakan bahwa perubahan-perubahan proteksi keluarga telah banyak beralih kebadan-badan lainnya atau pemerintah. Seperti yang diungkap Vembrianto bahwa banyak fungsi  perlindungan dan perawatan yang telah diambil oleh badan-badan sosial seperti tempat perawatan anak-anak cacat tubuh dan mental, anak yatim piatu, anak-anak nakal, orang-orang lanjut usia, perusahaan asuransi dan sebagainya.

Aktivitas Pendidikan
                 Tangung jawab keluarga sekarang dalam pendidikan sekolah dan pendidikan moral tidaklah sebesar tanggung jawab keluarga pada masa lalu. Pada zaman colonial seorang anak berangkat kesekolah 3 bulan dalam setahun dan berbeda dengan yang mempunyai waktu 9 sampai 10 bulan pertahunnya. Juga pendidikan moral bagi anak-anak udah lebih banyak diserahkan kepada sekolah-sekolah, pesantren, pengajian, sekolah minggu ataupun gereja.
                 Akhir-akhir ini telah terlihat perluasan pendidikan dalam tingkat pra sekolah, sekolah-sekolah taman kanak-kanak telah menyita anak-anak yang berusia 2 sampai 5 tahun di luar rumah. Hal ini merupakan kebalikan yang menyolok sekali dari sikap-sikap terdahulu yaitu satu fungsi utama keluarga yang bersifat intrinsic adalah pendidikan anak prasekolah selama tahun-tahun permulaan dari kehidupannya.
                 Sekarang terdapat perkembangan asumsi bahwa sekolah taman kanak-kanak dapat membantu keluarga dalam memperbaiki perkembangan fisik, mental dan emosional anak-anak kecil sampai sekarang taman kanak-kanak sudah ditentukan untuk memperhatikan anak-anak kecil sebaik mungkin dari orang-orang tua yang tidak mampu sekarang anjuran ini akan dikembangkan lebih luas. Untuk membantu anak-anak dari wanita-wanita yang bekerja. Pada masa mendatang, taman kanak-kanak diarahkan menjadi semacam kebutuhan dan mempunyai fungsi umum yang sama dengan sekolah umum.

Aktivitas Rekreasi
                 Sebelumnya rekreasi sebagian besar dipusatkan didalam rumah. Sedangkan sekarang hal ini berkembang di luar rumah. Pada masyarakat desa pun, dahulu harapan masyarakat adalah bahwa orang-orang akan bekerja keras sepanjang hari dan waktu yang ada hanyalah malam hari atau tidak ada sama sekali untuk rekreasi. Sekarang dengan lebih banyaknya keluarga di kota, harapan masyarakat adalah bahwa orang akan bekerja dengan waktu yang lebih pendek dan individu dalam waktu luangnya akan menggunakannya dalam rekreasi.
                 Tidak hanya perubahan terjadi pada tipe kreativitas “waktu luang” tersebut, tetapi rekreasi yang dinikmati tidaklah sebanyak yang dinikmati oleh keluarga secara keseluruhan. Anak-anak bermain dengan anak-anak tetangganya, atau jika mereka lebih tua, biasanya pergi bersama-sama dengan kelompok anak-anak muda.

Tingkah Laku Religi
                 Perubahan-perubahan besar telah terjadi dalam tingkah laku religi keluarga. Kadang-kadang ada asumsi yang mengatakan bahwa kemunduran dalam fungsi dapat diukur melalui perbandingan meratanya aktivitas di kota dengan meratanya aktivitas di luar kota, apabila praktek-praktek tradisional berubah lebih lambat di luar kota daripada di kota.

3.      Aspek-Aspek Perubahan Dari Fungsi-Fungsi Keluarga
                 Evolusi keluarga modern mempunyai arti lebih daripada proses yang cenderung untuk membatasi pada fungsi khusus dan beberapa tingkatan evolusi dari fungsi-fungsi itu sendiri. Perubahan tersebut akan menggantikan hal sebelumnya. Penggantian fungsi yang tidak relevan mempersiapkan cara  bagi perkembangan fungsi yang relevan. Dari sudut pandang ini dapat dipertimbangkan dari 3 aktivitas utama keluarga yaitu :
a.      Prokreasi dan Pemeliharaan Anak
            Fungsi ini secara keseluruhan adalah lebih banyak terpenuhi oleh keluarga yang sekarang daripada yang dahulu, dalam hal mana keterampilan dan pengetahuan diarahkan untuk memperhatikan sebelum kelahiran, kelahiran baru dan anak yang masih kecil. Secara objektif hal ini dibuktikan oleh menurunnya angka kematian bayi dan pengawasan yang lebih besar terhadap penyakit anak.tetapi kita harus ingat bahwa kelahiran juga merupakan suatu bentuk kedermawanan dari pengawasan manusia yang mengizinkan kita untuk meningkatkan nasip kaum ibu dan memperhatikan anak-anak. Dan bahwa tingkat yang dilakukan oleh orang-orang yang kawini tidaklah pada pokoknya menghasilkan adanya informasi tentang pencegahan kehamilan, tetapi lebih merupakan gambaran dari keadaan nilai-nilai sosial.



b.      Kebutuhan Seks
            Tingkat perkawinan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan seks apabila memikirkan syarat-syarat dari pengalaman manusia dan tidak didikte secara etis dan sangat bermacam-macam dan berpokok pada perbedaan-perbedaan yang membingungkan kepribadian. Kepuasan yang tercakup dapat bermacam-macam mulai dari hanya kebebasan selera secara fisik sampai kepada masalah pembaharuan total dalam percintaan kedua belah pihak.

c.       Provision of a Home
            Dalam sebuah peradapan modern badan-badan lain seperti club/hotel dalam Negara kita bersaing dengan keluarga dalam menunjukkan/memperlihatkan kenyamanan. Tetapi biasanya keluarga akan menang dalam kompetisi ini karena keluarga menyelenggarakannya dalam suasana yang lebih dan di dalam suasana yang menyenangkan laki-laki dan wanita serta orang tua dan anak-anak. Dalam keluarga patriakat rumah tangga adalah kedua dan industri, sang istri sering dikurung mengerjakan hal yang membosankan tidak berputus-putus serta terus menerus melahirkan anak.

4.      Perubahan-perubahan Pada Fungsi-fungsi Sentral Keluarga
Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan pada perkembangan keluarga modern ialah :
a.       Leburnya berbagai paguyuban lama, terutama leburnya paguyuban dusun, karena mengalirnya orang ke kota, disamping itu peristiwa makin meluasnya sikap hidup individualistis.
b.      Emansipasi sosial kaum wanita yang bertalian dengan peristiwa itu.
c.       Pembatasan kelahiran yang disengaja.

            Sejajar dengan gejala-gejala tersebut di atas maka hilanglah fungsi-fungsi sosial, yakni :
a.       Keluarga makin berubah dari kesatuan yang menghasilkan menjadi kesatuan yang memakai semata-mata. Sifat kesatuan yang bekerja makin menghilang.
b.      Tugas untuk mendidik anak, sebagian diserahkan kepada sekolah. Hanya anak-anak yang paling kecil yang masih hidup sama sekali dalam hubungan kekeluargaan.
c.       Tugas bercengkrama dalam keluarga nampak sekali mundur karena tumbuhnya perkumpulan-perkumpulan modern. Terutama pemuda-pemuda yang agak dewasa jarang mencari kesenangan pengisi waktu dalam lingkungan keluarganya sendiri.
Mac Iver and Page mengatakan “apabila orang melepaskan fungsi-fungsi yang lain, makin rukunlah keluarga tersebut. Disini kita akan mempertimbangkan suatu fungsi utama keluarga yaitu fungsi meneruskan keturunan. Fungsi ini tentu saja termasuk prokreasi anak-anak.
a.      Peranan Badan-Badan Luar
            Berbagai organisasi sosial telah dikembangkan untuk membantu keluarga memenuhi fungsi utamanya. Akan tetapi menimbulkan suatu permasalahan , pada suatu sisi terdapat para ibu yang makin mengembangkan kedudukannya di luar rumah dan mereka tidak dapat meninggalkan anak-anak, ataupun juga tidak dapat mereka bawa ke pabrik atau ke kantor. Pada sisi lain terdapatnya masalah yang lebih umum tentang kuntungan-keuntungan yang mereka bawa ke rumah yakni kesehatan modern, sanitasi, pencegahan penyakit dan teknik-teknik tentang pendidikan dan kesejahteraan si anak.



b.      Peranan Bantuan Umum
            Banyak sitem-sistem bantuan dari negara atau dana-dana pribadi yang telah direncanakan agar keluarga yang tidak didirikan berdasarkan kelompok kerabat yang lebih luas, mampu memenuhi fungsi utamanya dalam persaingan hidup dari skala masyarakat luas. Perusahaan yang membantu kesejahteraan anak dan asosiasi dermawan lainnya dewasa ini sangat dibebani oleh berbagai macam badan-badan pemerintah.

c.       Penurunan Angka Prokreasi
            Perubahan ketiga ini menyusutnya fertilitas perkawinan yang merupakan satu hal yang sangat berbeda dari dua yang lainnya dan mempunyai suatu arti yang lebih mendalam untuk masa depan keluarga. Sejak tahun 1980-an angka kelahiran telah menurun pada negara-negara barat yang telah beradap. Disini kita harus menekankan bahwa menurunya angka prokreasi tidak merupakan substitusi bagi keluarga dari beberapa badan lainnya untuk melakukan tugas utamanya.

1 komentar: